Bagikan

Wisata alam air terjun terbilang belum favorit di kawula muda. Kenapa? Karena pantai masih menduduki posisi teratas. Padahal kan sky is blue juga bisa kita temui di wisata air terjun.

Malahan nih ya, ada tambahan tree is green, and water is turquoise. Okay, mari kita jalan jalan ke Situbondo, Jawa Timur.

Akan terkagumlah kamu dengan hidangan air yang memancar dari ketinggian 8 meter dan lebar 10 meter. Tag location: Air Terjun Setancak. Nama setancak ini berasal dari bahasa Madura (Tancak), artinya air yang memancar.

Lho kok bisa Madura?

Sedikit info, di kawasan Situbondo-Probolinggo, penduduknya terbaur dengan pendatang dari Madura. Lambat laun, mereka menetap dan bermasyarakat dengan penduduk asli. Wah, keren yah. Rukun.

Kota Situbondo ini masih alamiah banget guys. Lokasinya jauh dari pencemaran. Di air terjun setancak, pemandangan hijau dan kicauan burung menjadi bukti kesegaran alamnya.

Yang lebih unik, kumpulan burung walet nampak riang mendiami sekitar air terjun. Konon, di air terjun yang tepat berada di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, menjadi tempat mandi para burung penghasil cairan untuk agar-agar.

Kejadian mandinya burung walet bisa kamu saksikan pada waktu tertentu saja. Di pagi hari sekitar jam 05.00 WIB dan sore menjelang petang jam 17.00 WIB.

Dengan menempuh 3-4 jam dari  kota Situbondo untuk bisa sampai tujuan. Perjalanan 5 km dengan mengendarai mobil atau motor, lalu lanjut berjalan kaki sekitar 2 km. disarankan untuk pantau cuaca terlebih dahulu ya sebelum berkunjung, karena di musim hujan, jalan setapaknya licin.

Buat yang masih newbie di daerah ini, bisa search di google maps loh. Google maps sudah menandai lokasi wisata air megah ini.

Di lokasi wisata, pengunjung bisa berbasah ria karena airnya seger beneerr. Sayang banget kalau berkelana ke Situbondo, tapi nggak mampir main air disini. Untuk menikmati kesegaran tiada dua, hanya dipatok Rp. 15.000.  

Fasilitas yang disediakan cukup memanjakan kenyamanan pengunjung. Ada kamar mandi, area parkir, mushola, dan rumah makan. So, tidak perlu bingung cari tempat ganti baju atau beribadah.

Mengisi perut sebelum atau sesudah berendam atau berenang juga perlu ya guys. Jangan sampai keenakan main di tengah populasi burung walet dan air terjun, kamu jadi lupa makan.

Soal harga tidak perlu cemas, makanan di Situbondo masih di bandrol murah jika dibandingkan dengan wisata lainnya. Kuliner khas yang patut-wajib-harus banget kamu cobain adalah ayam goreng bumbu tabor jahe dan kayu manis.

Sudah kebayang aroma jahe? Atau sedap wanginya kayu manis? Atau malah nggak doyan sama dua bumbu dapur ini? Dijamin porsi dobel deh setelah nyobain. Meski terdengar aneh, namun jahe ini menghangatkan, cocok dengan paduan kayu manis dalam daging ayam yang lezat.

Yummy! Harganya hanya Rp. 20.000,- per porsi.

Air terjun Setancak bisa jadi tujuan wisatamu selanjutnya. Back to nature banget karena belum terjamah oleh tangan jahil manusia. Biar makin kece, jangan lupa bawa kacamata, topi, dan kamera untuk mengabadikan momen dan pose lucu untuk postingan di Instagram.


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here