Bagikan

MakNews – Teknologi semakin memudahkan masyarakat. Orang semakin malas untuk keluar rumah karena semua bisa dilakukan dari tempat kediaman. Beli baju tinggal pesen via laptop, ingin makan tinggal telpon layanan delivery, bahkan pesen PSK pun bisa lewat SMS.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya rupanya menangkap fenomena itu dengan meluncurkan layanan ojek denda tilang bernama Si Anti Ribet atau Siap Antar Tilang ke Rumah dengan Cepet. Layanan ini bertujuan memudahkan masyarakat yang malas datang ke kantor Kejaksaan untuk membayar denda tilang dan mengambil dokumen penting seperti SIM/STNK yang disita.

“Saya melihat pelanggar lalu lintas di Surabaya yang akan mengambil tilang banyak sekali. Setiap minggu ada 2.000 sampai 2.500 dokumen tilang yang sudah putus diterima Kejaksan Surabaya dari pengadilan untuk dieksekusi,” kata Didik Farkhan Alisyahdi, Kepala Kejari Surabaya seperti dikutip dari Viva.co.id.

Lantas, bagaimana cara menggunakan layanan ini? Begini langkah-langkahnya:

1. Pelanggar mengirimkan SMS atau WhatsApp (WA) ke nomor 085851996000

2. Ketik nomor register tilang, nama pelanggar, dan tanggal sidang. Bila lewat WA cukup foto surat tilang.

3. Tukang ojek dari Kejari Surabaya yang menggunakan rompi merah bertulisan “Si Anti Ribet” akan datang ke alamat pelanggar mengantarkan dolkumen yang disita.

4. Pelanggar membayar denda tilang.

5. Pelanggar mengganti ongkos ojek tilang yang besarannya disesuaikan dengan zona alamat.

Kejari menyiapkan 10 Tukang ojek untuk mengantar dokumen kendaraan pelanggar yang menggunakan layanan Si Anti Ribet. (iwe)


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here