Bagikan

SURABAYA – Kota Surabaya selalu istimewa di hati warga asing yang tinggal. Tak terkecuali mahasiswa asal Jepang yang sedang studi di Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya.

Mereka adalah Akihiro Sukijono, Kazaya Iwasaki, Yuki Asakawa, dan Miki Azumi. Mereka adalah mahasiswa dari negeri matahari terbit tersebut yang sedang mengambil studi Bahasa Indonesia Melayu di Unitomo.

Di bulan Ramadan ini, mereka ingin merasakan langsung bagaimana rasanya menjalani ibadah puasa layaknya warga setempat. Tak tanggung-tanggung, mereka ikut sahur dan berpuasa.

“Ini pengalaman pertama, tapi saya senang,” kata Sukijono seperti dikutip Surya Online.

Sukijino tak hanya menjalani ritual berpuasa. Tapi juga ikut berbuka puasa bersama anak yatim. “Sebelum berbuka, saya mengajak anak-anak yatim itu main game,” katanya.

Keempat mahasiswa asal Jepang itu menempuh studi di Unitomo selama setahun, kecuali Yuki Asakawa yang hanya menempuh studi selama enam bulan (satu semester).

Mereka belajar tentang bahasa, pengenalan budaya, media Indonesia, wacana, sastra, dan sebagainya. Selain membagikan takjil, mereka juga mengikuti Buka Puasa Bersama Sivitas Akademika Unitomo bersama Rektor Unitomo Dr Bachrul Amiq.

“Saya juga pertama kali pakai sarung, ini juga memakainya dengan dibantu oleh teman-teman mahasiswa sini (Unitomo),” kata Akihiro.

Rektor Unitomo Dr Bachrul Amiq mengatakan bahwa para mahasiswa Jepang itu berpuasa karena ingin menghormati musim di Indonesia.

“Kebetulan, mahasiswi Jepang, Miki Azumi, yang ikut keluarga saya, juga berpuasa. Dia maklum karena keluarga saya juga berpuasa, jadi dia menghormati keluarga kami,” katanya.

Selamat menikmati Kota Surabaya teman-teman dari Jepang. Kalau sudah puasa, jangan lupa minggu depan ikut hari raya. Jangan kapok tinggal di Surabaya. Awas engkok gak gelem muleh nippon.


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here