Bagikan

MakNews – Jawa Timur dikenal sebagai daerah produsen sekaligus penopang produksi gula nasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya 31 pabrik gula di seluruh Jawa Timur yang mampu memproduksi hingga 1 juta ton lebih per tahun. Dengan kapasitas demikian, seharusnya Jawa Timur dapat memenuhi kebutuhan gula masyarakat Indonesia khususnya Jawa Timur sendiri terlebih menjelang Idul Fitri.

Namun kenyataannya harga gula di beberapa daerah kian melambung sejak bulan lalu, tak terkecuali di Surabaya. Di beberapa pasar tradisional, gula telah menembus harga Rp 16.000/kg dan menjadi lebih mahal di supermarket atau pasar modern lainnya. Ibu rumah tangga menjerit, pedagang tidak bisa berkelit. Kepada siapa hendak mengadu naiknya harga gula yang mencekik ini?

Soekarwo, Gubernur Jawa Timur sampai wadul ke Presiden Jokowi perihal harga gula yang semakin pahit. Menurut Pakde Karwo, tingginya harga gula adalah imbas dari masih tingginya harga yang dijual perusahaan gula. Faktanya, beberapa pabrik gula di bawah naungan PTPN yang saat ini mulai melakukan proses giling justru menjual ke distributor dengan harga yang tinggi. Operasi pasar juga dinilai tidak mampu menekan harga gula karena harga gula di penggilingan sudah di atas Rp 13.000/kg.

Meskipun begitu, Disperindag Pemprov Jatim sudah sepakat dengan para distributor untuk menurunkan harga gula dan tetap melakukan Operasi Pasar dengan catatan per orang dibatasi hanya boleh membeli 2 kg gula saja. Sedangkan opsi untuk mengimpor gula, menurut Ardhy Prasetiawan, Kepala Disperindag Pemprov Jatim tidak akan dilakukan.

“Jawa Timur sebagai sentra gula dan pasokan gula masih cukup. Saat ini produksi gula di Jawa Timur mencapai 1,2 juta ton sedangkan konsumsi masyarakat hanya 540 ribu ton.” Kata Ardhy seperti dikutip suarasurabaya.net.

Semoga upaya-upaya yang dilakukan pemerintah tersebut dapat menstabilkan harga gula yang sekarang ini membuat ibu-ibu rumah tangga yang nggrundel menjadi senyum, sehingga bisa menyiapkan takjil atau kue-kue Lebaran dengan sumringah. (*)


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here