Bagikan

Asli MakNews tambah tob mateni “b”. Situs kesayangan arek Suroboyo ini semakin variatif dan berwarna. Sekarang ini tidak melulu memuat artikel, meme, dan komik, tapi juga ada kuis. Dan kuis-nya bukan model sayembara ecek-ecek seperti yang sering kita tonton di TV kelir.

Ancen kreatif arek-arek MakNews iki. Tepuk tangan yang meriah buat kru mereka. Plok, plok, plok.

Wes ojo suwi-suwi tepuk tangane. Kon iku tepuk tangan tah andokan doro? Yo wes tak lanjutno.

Kuis mengukur Seberapa Baik Kamu Mengenal Surabaya? itu keren. Di situ ada unsur menguji pengetahuan, sejarah, dan kedekatan kalian sekaligus terhadap Kota Pahlawan. Kalau kamu bukan arek Suroboyo asli atau setidaknya belum lama tinggal di kota ini sudah hampir pasti nilaimu merah. Merah berarti wani. Wani isin.

Jujur, setelah mencoba menebak-nebak, saya cuma bisa menjawab 2-3 pertanyaan dengan tepat. Lainnya kurang tepat. Sisanya agak meleset (lek salah yo salah ae. Kakean alasan!). Tapi patut dimaklumi saya sudah lama menetap di luar negeri. Enam tahun belakangan ini saya tinggal di kampung Arab sana Ampel. Jadi wajar.

Tapi memang harus diakui. Dibandingkan dengan kuisnya MakNews, kuis-kuis di tv itu nggak ada apa-apanya. Parah! Pasti kalian semua pernah nonton kuis yang kalau diperhatikan nggak ada tantangannya sama sekali. Pesertanya ga perlu mikir. Tinggal njeplak jawabannya pasti bener. Lha gampang betul pertanyaannya.

Contoh, kuis MotoGP. Biasanya mbak-mbak presenter-nya yang ayu (tapi kadang yo asu) lewat telepon kasih pertanyaan:

Siapa pembalap MotoGP yang punya julukan The Doctor?
A. Valentino Rossi
B. Fathur Rossi

Mosok ngene iki jenenge kuis, Rek? Sudah jelas jawabannya B lah. Siapapun tanpa harus berpikir akan dengan mudah menjawabnya. Arek cilik karo menthil ibuke yo iso njawab. Makmu seng kiper iku. Mesti yo iso njawab.

Ada seabrek kuis-kuis model seperti ini di TV. Dan konyolnya hadiahnya malah jutaan. Modele koyok bingung mbuak duit ngono lho.

Seng nggarai mangkel maneh, ada template yang selalu diucapkan pembawa acara setelah peserta kuis di ujung telpon sana menjawab pertanyaan. Begini template-nya:

“Jawabannya B ya mas? YAKIN?”

Iyo, Rek. “YAKIN”. Sepurane hurufe tak gedhe’no mangkel aku.

Wes jawabane gampang sek ditakoni yakin. Kalau ga yakin buat apa nelpon susah-susah mbuang pulsa. Kemplo!

Beda kalau pertanyaannya begini. “Kamu serius dik mau putus sama aku?” “Iya serius”. Nah iki baru pas kalau kamu balik nanya, “YAKIN?”. Kalau perlu setelah tiga hari atau seminggu kemudian kamu datangi lagi dia terus ulangi pertanyaan itu. “Yakin mau putus? Ga mau balikan?” Cek lego ngono lho, Rek.

Saya haqul yakin kalau kuis Suroboyoan model MakNews ini ada di tv, pertanyaannya pasti akan lain.

Apa arti kata Suroboyo?
A. Suro = Ikan Hiu, Boyo= Buaya
B. Suro = Wani, Boyo= Utang
C. Suro= Satria, Boyo= Baja Hitam

Ga mutu kan? Jawabane seng bener wes jelas B. Ngono kok dikuisno.

Cuma saya heran kalau di TV saja kuis ga mutu hadiahnya jutaan. Lha kok di MakNews pertanyaan susah tapi hadiahnya nol? Ini nggak adil. Dan kadang dunia memang nggak adil ya, Mblo?

Semestinya ada lah hadiah untuk mereka yang berhasil menjawab 10 pertanyaan itu dengan sempurna. Ya saya tahu MakNews nggak punya duit. Tapi hadiah kan nggak harus selalu duit. Kecil tapi bermakna.

Saya punya usul. Kalau yang menang cewek, dia bisa dapat nomor telponnya Mas Adam Anugerah. Dan kalau cowok, dapat pin BB-nya Mbak Shellya. Setuju?


Bagikan

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here