Bagikan

Galau bisa datang kapan ae, gak peduli jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, status sosial, sampek status pernikahan. Tapi isok ae sih, semakin gak nikah-nikah semakin galau… #eaaaa.

Buat kaum hawa, galau bisa dua kali lebih akeh kadarnya pas PMS, atau pas stalking mantan atau gebetan yang ternyata udah punya pacar. Duh…

Ada macam-macam penyebab galau, dan bisa terjadi tiba-tiba tanpa kabar berita. Isuk sek seneng, moro-moro bengine langsung galau akut yo isok.

Jadi, seperti kata Aga Agung di artikel sebelumnya, hal pertama yang harus dilakukan dalam mengatasi galau adalah cari tahu dulu apa penyebab galaumu. Nek wes ketemu, mari kita atasi bersama-sama galau ini biar keceriaan bisa menjelma di hari-hari selanjutnya!

Denger Musik

Menurut beberapa penelitian (mbuh penelitiane sopo aku yo lali…), mendengarkan musik dapat mengurangi stress atau galau. Ada baiknya musik yang kamu dengarkan memberikan kesan semangat atau lirik-lirik yang suportif.

Ojok sing terlalu slow dengan lirik menyedihkan tentang gak isok move on. Itu yang malah bikin kamu berderai air mata. Ojok ngerungokno Adele, dijamin awakmu poleh mewek-mewek.

Coba pilih lagu-lagu yang up beat dengan lirik yang optimis. Mungkin karaoke adalah ide bagus. Soale, mengeluarkan emosi dengan menyanyi itu salah satu Katarsis yang baik.

Curhat

Nek ngerungokno musik belum mempan, mungkin kamu harus ketemu satu atau dua temen deketmu untuk curhat. Menceritakan uneg-uneg juga bikin lego, loh, Rek.

Ibaratnya, separo bebanmu bisa terangkat. Kadang, kamu gak perlu solusi, kamu cuma butuh temen berbagi. Nek wes duwe pasangan/pacar mungkin bisa cerita ke pasangannya masing-masing. Lhah nek justru masalahe iku pasanganmu, yo berarti awakmu kudu golek konco gawe cerito heheh…

Menurut Ilmu Psikologi, manusia iku asline wes ngerti solusi atas permasalahane dewe-dewe. Tapi ada saatnya, terutama pas atine sepet dan pikirane kalut, seseorang merasa buntu dan butuh orang lain untuk berbagi.

Dengan berbagi, kebutuhannya untuk didengarkan terpenuhi dan efeknya, atine rodok ayem. Dadi sejatine, konco curhat yang enak itu adalah temen yang telaten dan mau dengerin semua permasalahan sing mbok alami. Bersyukurlah kalo kamu punya temen-temen yang peduli dan mau ndengerin semua uneg-unegmu tanpa muntah-muntah yo, Rek…

Nonton Film

Nek gak duwe duit buat nonton bioskop, mungkin kamu bisa memanfaatkan fasilitas Wi-Fi, sing saiki telecekan nangdi-nangdi, untuk download film (Eh BTW, download film iku illegal yo, Rek? :D)

Beberapa film komedi yang recommended adalah film-film zombie lucu semacam Doghouse, Shaun of the Dead, film polisi koplak The Police Academy, atau film-filmnya Warkop DKI atau Benyamin S. Pasti dijamin ngguyu ngekel, dan untuk sementara kamu punya distraction untuk permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi.

Nek seneng film horror opo action yo gak masalah. Sing penting awakmu bahagia ndeloke dan atimu mulai lego sithik.

Nek sing seneng film biru… yo gak popo seh 😀

Bersosialisasi

Nek curhat mek ketemu siji utowo loro konco cidek, nek bersosialisasi iki ketemu koncone rodok akehan. Mungkin bisa setengah lusin atau lebih, lebih rame lebih ajur hahaha.

Selain menjalin tali silaturahmi, ketemu konco-konco sing wes jarang ketemu itu menyenangkan. Bisa dapet berita-berita up-date tentang mereka, kehidupan sekarang, pekerjaan atau usaha baru, pasangan, sampe mengenang masa lalu kalian bersama. Lebih asik karena wes gak onok jaim-jaiman, masio jarang ketemu karena aktifitas masing-masing, persahabatan kalian tak lekang oleh waktu. Ciiieee…

Tak jamin galaumu gak sepiro keroso nek wes cangkruk bareng, opo maneh nek ngerti onok koncomu sing masalahe luwih abot timbang awakmu. Pasti awakmu tambah setrong!

Jalan-jalan

Iki istilah gaule adalah traveling. Babah mek dalan-dalan sing cidek koyok hutan Mangrove Suroboyo yo pancet ae jenenge traveling.

Nek merasa gak bisa cuti kerjaan, kamu bisa memanfaatkan weekend untuk jalan-jalan. Tapi tentu saja jalan-jalan pas weekend gak isok adoh-adoh. Ajak beberapa konco sing asik dan hobi jalan-jalan pisan ben tambah seru.

Tujuan traveling selain jalan-jalan ke objek wisata bisa sambil wisata kuliner kan? Muleh traveling awak lemu, bebas kelabu.

Nek saran-saran di atas wes mbok praktekno tapi awakmu sek galau, mungkin ini saatnya minta tolong sama yang lebih profesional. Tapi sing jelas awakmu kudu yakin nek semua masalah iku onok jalan keluare.

Kamu hanya butuh waktu untuk mencari tahu. Sekaligus meyakinkan awakmu dewe, bahwa ini mungkin ujian kesabaran dalam hidup. Yang penting jangan pesimis dan terus usaha yo, Rek.

Nek ditolak yo coba maneh… #eh


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here