Bagikan

Merayakan Idul Fitri bagi sebagian orang yang memiliki kampung halaman tentu kurang afdol jika tidak mudik. Di Indonesia, mudik adalah budaya yang selalu ada saat hari besar keagamaan terutama Lebaran atau Idul Adha. Orang-orang yang umumnya bekerja di kota besar berbondong-bondong pulang kampung dengan kendaraan sendiri maupun dengan transportasi umum. Bahkan ada yang rela antri tiket sejak 3 bulan sebelumnya demi untuk bisa kangen-kangenan karo dulur nduk kampung.

Tapi bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan sendiri, ada baiknya melakukan beberapa persiapan agar perjalanan yang ditempuh nyaman dan tenang. Meskipun macetnya jalan tetap tidak bisa diprediksi, setidaknya Anda dapat menyiapkan diri menghadapi macet dengan sabar dan ikhlas. Berikut tips mudik asik dan nyaman selama Lebaran.

Daftar barang bawaan
Mendaftar barang bawaan saat mudik terkesan tidak penting, tapi percayalah melakukannya akan dapat menyelamatkan diri Anda. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting sampai yang kurang penting. Jangan lupa juga obat-obatan atau oleh-oleh yang telah dibeli agar selama perjalanan tidak kepikiran.

Periksa kendaraan
Ini penting dilakukan, apalagi jika jarak tempuh Anda cukup jauh dan jalur yang akan dilewati diprediksi macet. Jika perlu, servis kendaraan beberapa hari sebelum mudik dapat dilakukan untuk menjaga kendaraan dalam kondisi prima. Tekanan ban, air radiator, pelumas, dan bensin wajib diperiksa kembali sebelum berangkat.

Siapkan peta
Meskipun tiap smartphone kini telah dibekali dengan peta, membawa peta jalur mudik dapat menyelamatkan Anda karena dilengkapi dengan sejumlah informasi yang dibutuhkan seperti SPBU, bengkel, atau posko Lebaran. Beberapa titik malah menyediakan tempat beristirahat lengkap dengan jasa pijat, lumayan kan dapat pijat gratis.

Aktifkan ponsel
Ponsel bisa jadi lebih penting daripada oleh-oleh untuk keluarga, jadi jangan sampai ketinggalan atau low batt karena akan mempengaruhi mood sepanjang perjalanan. Charge ponsel Anda sebelum pergi, simpan nomor-nomor penting seperti pengurus RT/RW tempat tinggal Anda, Kepolisian, Rumah Sakit sepanjang jalur mudik, atau bengkel langganan. Jangan lupa juga isi dengan lagu-lagu favorit atau hiburan lain, dan siapkan power bank selama perjalanan.

Demikian tips-tips asik dan nyaman untuk mudik Lebaran dari Maknews. Pastikan pintu dan jendela rumah Anda telah tekunci, kompor telah dimatikan, dan listrik yang tidak diperlukan telah padam. Tetap sabar meskipun macet, taati rambu lalu lintas, dan ojok kesusu. Ingat, ini hanya mudik, bukan reunian karo mantan di kampung halaman.

 

 

 

 

 

 


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here