Bagikan

MakNews – Bulan Ramadhan memasuki sepuluh hari kedua. Musim di Surabaya juga membingungkan antara kemarau atau masih musim hujan. Kebingungan juga dialamai para orang tua yang mempunyai anak sekolah. Betapa tidak, di saat harga sembako di bulan puasa ini naik, kebutuhan lebaran juga dibarengi dengan pendaftaran ulang anak-anaknya.

Ujian sekolah sudah selesai dijalani semua jenjang. Kenaikan kelas juga sudah selesai. Saatnya mencari sekolah baru, universitas baru, atau memilih jurusan untuk kelas X jenjang SMA. Bisa dibayangkan bila mempunyai tiga anak lulus SD, SMP, SMA secara bersamaan. Kondisi dompet bukan hanya kembang kempis tapi kempis kerontang. Tapi setiap orang tua pasti punya jurus andalan masing-masing. Pendidikan tetaplah harus nomor satu untuk anak-anak.

Sementara itu, dikutip dari koran Jawa Pos hari ini (17/6), hasil ujian tingkat SD/MI Surabaya mengalami penurunan. Secara nasional juga mengalami penurunan. Untuk tingkat SD/MI ada tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dalam laporan Dinas Pendidikan Jatim untuk tingkat SD/MI Surabaya disebut berada di peringkat 31. Berdasar daftar kolektif hasil ujian sekolah SD/MI tahun ini rata-rata 72,68 sedangkan tahun lalu mencapai 77,35. Penurunan yang sangat lumayan. Akan tetapi hal ini dibantah oleh Kepala Dispendik Kota Surabaya Eko Prasetyoningsih. Bahwa kesalahan ada pada input hasil rata-rata ujian per mata pelajaran. “Kami sudah sampaikan klarifikasi ke propinsi,” kata Eko Prasetyoningsing (JP 17/6).

Onok opo iki Arek-Arek SD/MI Suroboyo? Dengan segala fasilitas dan dukungan semua yang lengkap sudah wajar semestinya bisa jauh lebih baik peringkatnya. Sekolah negeri gratis, bimbingan belajar uakehh, opo yo kurang sinau atau karena faktor lain? Menarik jadi bahan evaluasi semua pihak.

Tahun ajaran baru segera dimulai sehabis lebaran nanti. Dunia baru akan dihadapi semua siswa dengan kelas baru, teman baru, dan jenjang baru. Butuh dukungan keluarga dan orang tua. Semoga semua cita-cita anak-anak dan orang tua akan tercapai sesuai tahap-tahapnya.


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here