Bagikan

Perkembangan animasi Surabaya saat ini luar biasa hebatnya. Arek-arek enom bermunculan. Para senior nggak pernah jaim bagi-bagi ilmu. Atmosfir kreatif Kota Pahlawan sungguh layak diacungi 99 jempol. Terserah wes, jempole sopo ae iku.

Silakan cek TV nasional, webseries, ranah online, dan platform lainnya, animasi para pemuda Surabaya tak pernah absen. Ada saja yang urun menghiasi dan mewarnai belantika animasi tanah air.

Kualitasnya, monggo sampeyan nilai sendiri. Nek menurutku sih, yo iku mau, layak diacungi 99 jempol.

Memang, tiap animator harus selalu berkenan menerima kritikan, melakukan evaluasi, dan memperbaiki segala aspek karya kreatifnya. Namun paling tidak, upaya arek-arek Suroboyo selama ini bukan sekadar main-main. Artinya, ketekunan dalam berkarya jualah yang akhirnya turut menentukan mutu.

Bermacam acara yang dilaksanakan banyak komunitas, kompetisi di berbagai level, dan event apresiasi karya yang tak henti dilakukan sepanjang tahun, sudah memantik semangat para animator untuk berkarya.

Agenda-agenda tersebut tidak boleh diputus dan harus terus berkesinambungan. Karena, sama seperti tali rem truk-truk yang biasa lewat di Jalan Kalianak, kalau sudah putus, bisa habis hidup kita.

Animasi Indonesia masih berjuang

Keberadaan event animasi di Surabaya akan menjaga iklim berkarya para kreator. Beranjak dari sudut pandang itu, Animasub (Animasi Surabaya) menggelar acara bertajuk 10 Nopemberan. Dilaksanakan pada 10 November 2015, pukul 18.30 sampai 21.30, di Forward Factory Spazio Lantai 7. Gratis!

Pada 2015 ini, tercatat sudah tiga kali gelaran ini dilaksanakan. Dimulai kali pertama pada 2009, disusul yang kedua pada 2014.

Kali ini, tema yang diangkat adalah Perjuangan Animasi Seri Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, akan diadakan acara muter film kartun dan rasan-rasan animasi.

Yang akan ditonton bareng adalah animasi seri yang sedang atau pernah tayang di TV nasional. Juga, animasi yang ditayangkan online atau webseries. Tak lupa, animasi yang punya potensi menjadi serial.

Kenapa animasi-animasi ini harus ditontok? Wahai dulur sekalian, janganlah jadi kacang lupa sambelnya. Ingatlah selalu, animasi telah menghiasi masa kecil kita semua. Kalau kalian ingin melupakan kenangan, cukuplah lupakan kenangan tentang sakit perut.

Atau paling tidak, lupakanlah kenangan tentang mantanmu yang sudah punya gandengan sedangkan kamu masih berharap dia kembali. Sakno ne sampeyan, hiks hiks. Nggarai aku melu nangis ae.

Selain itu, animasi Indonesia bisa dibilang masih berjuang demi kejayaan dan kemandirian kreatifitas anak negeri. Mirip seperti perjuangan mbah-mbah kita dulu di masa kemerdekaan.

Sharing dengan pegiat kreatif lain

Acara 10 Nopemberan nantinya akan dimeriahkan dengan kedatangan sejumlah pegiat kreatif. Mereka akan berbagi pengalaman, pelajaran, dan pandangannya terkait dunia animasi. Mereka dengan ikhlas hati ngerasani animasi sampek elek, supaya kita semua pada melek.

animator
Dennis Adhiswara, Achmad Rofiq, Acak Ikin, Hebz, Cak Waw.

Sosok-sosok yang saya maksud antara lain, Dennis Adhiswara. Aktor nasional yang juga CEO dari Layaria ini telah blusukan ke daerah-daerah untuk menyebarkan virus kreatif. Tujuannya, mengembangkan webseries di youtube sebagai tayangan alternatif melalui media online.

Dia juga memiliki impian supaya insan video, film, dan animasi bisa mandiri dan berdikari. Rencananya, dheke akan meresmikan channel kartun pertama Indonesia yang bernama Kratoon.

Hadir pula, Achmad Rofiq, owner DGM animation yang telah melahirkan serial-serial animasi yang pernah tayang di tv nasional. Dia juga ikut serta dalam mengembangkan kurikulum animasi di SMK se Indonesia.

Juga, Cak Ikin, kreator animasi Grammar Suroboyo yang sedang memproduksi animasi berjudul Culoboyo. Kartun tersebut mempunyai potensi menjadi serial anak yang lucu dan mendidik.

Selain itu, ada Mbak Hebz dari Hompimpa Animation yang membidani serial animasi 3D berjudul Gob and Friends. Serial tersebut mendapatkan beberapa penghargaan di beberapa festival. Saat ini sedang mengembangkan pendistribusian animasi untuk solusi pasar di Indonesia.

Dan tak lupa, Cak Waw, pria yang telah membuat banyak film animasi. Baik secara independen, maupun menjadi sutradara serial animasi di televisi nasional. Juga telah merebut beberapa penghargaan di festival-festival animasi. Salah satunya Piala Citra pada tahun 2013. Dan juga pada tahun ini menerima penghargaan dari gubernur jatim sebagai seniman film yang berprestasi. Project barunya adalah webseries animasi di youtube dengan judul Trio Hantu CS.

Pemutaran animasi berkualitas

Acara ini dijamin nggak bakal melahirkan penyesalan. Ini bukan cerita cinta seseorang yang kena PHP tingkat dewa sehingga memaksanya banyak melamun karena kehilangan pegangan. Tidak!

Event Animasub ini pasti menghibur. Ada banyak film kartun yang diputar. Ayo kita lihat listnya di bawah ini.

Courtesy MD Animation
Courtesy MD Animation

1. Adit & Sopo Jarwo.

Di produksi MD Animation dan dirilis pada 27 Januari 2014 di MNCTV. Berkisah tentang persahabatan Adit CS yang selalu mendapat gangguan dari Sopo Jarwo. Namun pada akhirnya selalu diselesaikan secara baik-baik melalui bimbingan Haji Udin. Si ketua RW bijaksana yang mempunyai petuah bijak nan teduh.

Courtesy Culoboyo
Courtesy Culoboyo

2. Culoboyo

Diproduksi oleh Cak Ikin. Menceritakan masa kanak-kanak dari Suro dan Boyo. Dua sahabat yang selalu membuat suasana lucu dengan kepolosan mereka. Kental dengan suasana Suroboyoan yang mengandung nilai pengetahuan dan edukasi.

Courtesy DGM animation
Courtesy DGM animation

3. Kuku Rock You

Diproduksi oleh DGM animation. Serial animasi 3D Indonesia yang sempat tayang di Indosiar ini berkisah tentang seekor ayam bekisar bernama Jagur. Yang mengejar impiannya untuk menjadi rocker sejati dan tidak hanya menjadi jago kandang. Perjuangannya diwarnai dengan beragam konflik bersama warga kandang. Yang malah justru membangun suasana kekeluargaan yang dinamis dan Rockyou!

songgo
Courtesy DGM Animation

4. Songgo Rubuh

Diproduksi oleh DGM Animation. Serial animasi bergenre Komedi Slapstick yang pernah tayang di MNCTV ini mengkisahkan dua penjaga pintu gerbang kraton. Songgo dan Rubuh. Keduanya mempunyai sifat yang bertolak belakang. Sehingga kerap melakukan hal-hal jahil yang tak terduga. Namun justru itu membuat mereka tidak jenuh dalam melakukan tugasnya.

Courtesy DGM Animation
Courtesy DGM Animation

5. Super Uso, Pahlawan Internet Nusantara

Film animasi coproduction DGM Animation ini mempunyai potensi sebagai serial. Mengisahkan seorang bocah super bernama Uso. Yang senang berpetualang untuk mencari kawan-kawan baru di pedalaman Indonesia. Sekaligus memperkenalkan teknologi komunikasi berbasis Internet kepada mereka.

Courtesy Hompimpa Animation Studio
Courtesy Hompimpa Animation Studio

6. Gob and Friends

Serial Animasi Produksi Hompimpa Animation Studio Surabaya. Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Gob si kerbau yang polos dan lucu bersama kawan-kawannya di kota Manggis Town.

Courtesy Main Studio
Courtesy Main Studio

7. Hebring Webseries

Dibuat oleh Main studio. Berkisah tentang jagoan asal Jawa Barat yang baru saja mendapatkan kekuatan super. Pergi ke Jakarta untuk mencari kakaknya yang hilang dan bertekad untuk membantu orang lain dengan kekuatan super yang baru didapatnya.

Courtesy Kasatmata
Courtesy Kasatmata

8. Heru Show

Animasi webseries buatan Kasatmata ini berkisah tentang seorang laki-laki dan kehidupan sosialnya. Tayang setiap selasa dan jumat di setiap season.

kluk
Courtesy Kluk Kluk

9. Kluk Kluk

Serial animasi berdurasi 15 detik yang tayang khusus di Instagram. Kluk Kluk adalah seekor burung kuning besar yang tidak bisa terbang. Dia mencoba melakukan aktivitas sehari-harinya dengan damai. Tapi selalu mendapat gangguan dari Monday, makhluk aneh yang jahil.

Courtesy Trio Hantu Cs
Courtesy Trio Hantu Cs

10. Trio Hantu CS

Animasi webseries buatan Trio hantu CS ini berkisah tentang tiga mahasiswa yang terdiri dari Kibro, Udis, dan Cawa. Namanya mahasiswa, seringkali bermasalah dengan keuangan. Sehingga suatu hari melakukan kesalahan yang mengakibatkan dikuntit oleh setan-setan. Mereka pun akhirnya harus mencari jalan keluar supaya terlepas dari teror yang selalu menghantui mereka.

Yok opo, Rek?! Wes penasaran kan yo ambek acarane?! Maka itu, saudara-saudari sekalian, datanglah, datanglah!

Jangan lupa, Animasi Ataoe Mati…. Merdeka!


Bagikan

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here