Bagikan

MakNews — Apa jadinya kalau rafting dengan air bercampur belerang? Iya ini beneran belerang yang biasanya dipakai di pemandian air panas itu kok. Jika kalian penasaran seperti apa rasanya rafting di sungai yang dialiri dengan belerang, kalian cuman butuh mem-pack-ing barang kalian dan pergi ke Situbondo Jawa Timur.

Yap, rafting dengan belerang hanya bisa kalian nikmati di kawasan Samir yang berada di kaki Gunung Ijen.

Lagi-lagi Situbondo mulai menunjukkan taringnya. Tidak mau kalah dengan kabupaten sebelah, Situbondo mulai membuka diri untuk memamerkan pesonanya, salah satunya adalah wisata rafting di kawasan Samir.

Rafting atau arung jeram mungkin sudah sangat mainstream di kota-kota wisata pada umumnya. Lalu apa sih yang membuat rafting di kawasan Samir ini istimewah?

Ternyata kawasan Samir tidak hanya menyediakan hiburan adrenalin seperti rafting saja. Akan tetapi flying fox dan pusat outbound juga turut melengkapi fasilitas untuk memacu adrenalin kalian.

Ditambah lagi adanya bangunan kincir air yang unik yang membuat orang-orang dapat mengingat tempat ini dengan mudah.

Kebayang nggak sih gimana rasanya rafting sambil melihat indahnya kincir air yang berputar-putar ala-ala di Belanda?

Jadi ada sedikit cerita nih tentang terbentuknya kawasan Samir sampai menjadi tempat wisata rafting seperti sekarang ini. Semua berawal dari adanya kincir air yang berfungsi sebagai pengairan sawah-sawah di daerah Samir.

Kincir air itu dibuat dengan diameter 3×6 meter mirip seperti kincir angin – kincir angin di daerah Belanda. Karena aliran sungainya yang deras, akan sangat disayangakan jika hanya menjadi pusat pengairan persawahan.

Jadi, tempat ini berubah menjadi tempat rafting agar lebih bermanfaat. Dan dengan icon kincir air sebagai ciri khas, kawasan Samir ini akan bisa mendapat perhatian yang lebih.

Rafting atau arum jeram di kawasan Samir ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 9 km dengan pilihan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Hal lucu dari rafting disini adalah kalian bisa keluar kota hanya dengan mengarungi sungai ini dengan rafting.

Semua itu karena kawasan Samir ini berada diantara dua kabupaten, Kabupaten Banyuwangi sebagai start dan Kabupaten Situbondo sebagai finishnya. 

Tapi kawasan ini hanya berada di bawah naungan Situbondo Adventure. Itulah mengapa meskipun berada di dua kabupaten, kawasan Samir ini adalah milik Situbondo.

Jadi gimana? Apa kalian nggak ngiler rafting dengan air belerang? Ditambah dengan pemandangan kincir air khas Belanda kalian sudah bisa mengarungi dua kabupaten sekaligus lhoooo.

Menuju ke tempat ini pun nggak susah kok. Cukup menggunakan jalur darat dengan mobil maupun sepeda motor kalian akan sampai tanpa perlu jalan kali berkilo-kilo. Karena akses jalan menuju ke kawasan Samir ini sudah cukup bagus.

Untuk sampai ditempat ini kalian akan melewati jalur pantura Situbondo-Asembagus. Dari pusat Kota Situbondo mungkin sekitar 30 km menuju kecamatan Asembagus dan ditambah 10 km menuju ke Desa Bantal, Dusun Samir.

Kuy lah ajakin squad kalian rafting rame-rame di sungai belerang 😀


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here