Bagikan

MakNews — Who doesn’t love beach? Udah jadi old story kalau 9 dari 10 orang akan lebih memilih pantai sebagai destinasi liburan mereka bukan?

Pantai itu udah ibarat tempat berlabuh paling pas buat mengusir kegalauan eh stres maksudnya. Suara ombak yang tenang, warna biru laut yang tajam, hembusan angin yang sepoi-sepoi, dan pasir pantai yang empuk yang membuat semua orang akan kembali berlabuh ke pantai.

Ditambah lagi pesona sunset atau sunrise yang selalu ditunggu-tunggu keindahannya. So, kalau kalian adalah salah seorang beach lover yang ingin mencicipi semua pantai yang ada di Indonesia ini, kalian wajib hukumnya meng-explore pantai-pantai eksotis di daerah Situbondo Jawa Timur yang bisa dibilang masih alami.

  1. Pantai Tampora
Pantai Tampora. Foto: Trip Advisor

Pantai Tampora Situbondo yang berada di Kalianget, Desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo Jawa Timur ini merupakan pantai yang masih belum banyak yang menjamah keindahannya.

Hewan laut di pantai ini pun masih beragam seperti teripang, bintang ular, landak laut, kepiting, ikan-ikan kecil, dan berbagai jenis kerang yang melimpah. Hal ini membuat Pantai Tempora menjadi pantai paling pas untuk tempat snorkeling dan diving.

Selain itu, Pantai Tampora juga dikenal memiliki keindahan yang sempurna disaat menjelang pagi maupun sore.

Sunset di pantai ini akan membuat langit berwarna merah dan dibiaskan oleh air lautnya.

2. Pantai Pathek Situbondo 
Pantai Pathek. Foto: Indonesia Kaya

Pantai Pathek Situbondo ini merupakan pantai yang bisa dibilang masih ‘perawan’ atau masih belum banyak yang mengunjungi. Jadi dijamin deh keindahannya masih alami sempurna.

Di sini kalian akan disuguhi pemandangan Gunung Putri Tidur, kapal-kapal, dan perahu nelayan.

Tidak hanya itu, jika kalian masih ingat pelajaran sejarah jaman SD-SMP, kalian bisa melihat bukti sejarah berupa jalan Anyer-Panarukan yang dibangun pada jaman Belanda disisi barat pantai Pathek ini.

Ditambah lagi pantai yang terletak di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan ini mempunyai pesona sunset yang tidak kalah dengan Pantai Kuta. Uwooo~

3. Pantai Pasir Putih 
Pantai Pasir Putih. Foto: Tabloid Wisata

Pantai Pasir Putih Situbondo mempunyai pesona yang berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya. Pantai yang terletak di Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo ini mempunyai air laut yang sangat tenang dan nyaris tak berombak.

Sangat cocok untuk snorkeling melihat koral warna-warni dengan ikan-ikan yang berenang kesana-kemari melewati terumbu karang.

Pantai Pasir Putih ini juga dikenal memiliki topografi yang unik, yaitu berbentuk melengkung ke arah laut. Pepohonan seperti Cemara Udang, kelapa, dan deretan pohon jati sukses menyempurnakan keindahan ditepian pantai ini.

Jika kalian termasuk pecinta landscape photography, dijamin pantai ini akan menjadi salah satu foto landscape favorit di galeri kalian.

4. Pantai Banongan
Pantai Banongan. Foto: Trip Jalan Jalan

Siapa bilang pantai berpasir hitam tidak memiliki daya tarik? Buktinya Pantai Banongan dengan pasirnya yang hitam dan garis pantainya yang panjang menjadi salah satu lokasi yang sangat strategis untuk melihat matahari terbenam.

Pantai yang berlokasi di jalur Pantura, Desa Wrigin, Kecamatan Asembagus, Situbondo Jawa Timur ini mempunyai ombak yang cenderung tenang.

Perahu-perahu nelayan yang bertengger di pinggirian pantai pun sukses membuat suasana pantai ini begitu alami. Menikmati sunset dengan berlatar belakang perahu-perahu nelayan akan sangat sempurna sebagai encore hari kalian.

5. Pantai Balanan
Pantai Balanan. Foto: Trip Jalan Jalan

Pantai Balanan ini masih terletak di kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai ini merupakan salah satu resor yang dihuni oleh penduduk kawasan Baluran. Pantai dengan sulitnya sinyal provider ini biasa dimanfaatkan untuk kegiatan memancing, snorkeling, maupun melihat perkelahian rusa jantan.

Cocok sekali untuk berlibur dan quality time bersama orang-orang terdekat tanpa harus sibuk mengrusi gadget.

Pantai ini memiliki air yang sangat-amat jernih sampai kalian bisa melihat dasar pantai dengan mata telanjang. Karena kerjenihannya, jika dari kejauhan pantai ini akan terlihat begitu biru muda.

Jadi bagaimana? Cukup menjanjikan bukan pantai-pantai di Situbondo ini? Surga-surga tersembunyi ini dijamin akan membuat kalian jatuh cinta hanya dengan sekali tatap. Yaaa bisa dibilang kalian akan fall in love at first sight!


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here