Bagikan

MakNews — Gaes kalian tahu nggak sih kalau di Indonesia ternyata ada sebuah hamparan padang rumput yang luas ala-ala di Belanda gitu. Dan yang nggak disangkanya lagi, tempat ini berada di kabupaten yang tak terduga-duga: Situbondo!

Lagi-lagi Situbondo menunjukkan ke-ek-so-tis-an-nya yang tersembunyi. Kalau kata orang jawa tuh udah kayak “meneng-meneng ngglendemi”.

Padang rumput yang sangat luas ini bernama Sikasur. Karena keluasannya itu, dulunya di padang rumput ini terdapat sebuah lapangan terbang. Akan tetapi sekarang sudah tidak beroperasi lagi.

Padang Rumput Sikasur ini sebenarnya bisa dibilang cukup tua. Bagaimana tidak, AJM Ledeboer membangun padang rumput ini sudah sejak tahun 1940 sebagai tempat untuk membudidayakan rusa dari luar negeri.

Jadi kalau di hitung-hitung usinya itu udah 77 tahun sampai 2017 ini. Wiihhh udah nenek-nenek banget ternyata!

Eh tapi jangan underestimate pesona nenek-nenek yang satu ini. Meskipun sudah nenek-nenek pesonanya malah lebih dahsyat lho. Karena sudah bukan lapangan terbang lagi, tempat ini sudah menjadi sebuah destinasi wisata.

Pesonanya tentu bukan sebatas hamparan padang rumput saja, di Sikasur ini kalian juga akan menemukan sebuah danau bernama Sitanjung. Kalian bisa bayangkan sendiri bagaimana sebuah padang rumput yang sangaaaaatttt luas dengan sebuah danau di dalamnya, lalu ada rusa-rusa yang berlarian sana-sini.

Udah kayak dunia-dunia di negri dongeng kan?

Foto: TelukLove.com

Selain itu di Padang Rumput Sikasur ini juga terdapat beberapa peninggalan zaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamnya.

Reruntuhan bersejarah ini depercaya sebagai bekas reruntuhan kerajaan Dewi Rengganis dan Pangeran Situbondo. Wih asik bukan kalau kita bisa berlibur sambil belajar sejarah? Selain bisa berlibur kita juga bisa menambah wawasan kita.

Hmmm berfaedah sekali liburan kali ini.

Di Padang Rumput Sikasur ini kalian bisa berkemah, menghabiskan weekend, menikmati hari dengan tenang, menghilangkan kejenuhan dari deadline-deadline yang tak ada habisnya dan menghilang sejenak dari kebisingan kota.

Meskipun padang rumput ini adalah sebuah wisata alam, fasilitas seperti lahan parkir, kamar mandi, dan penginapan tetap tersedia kok. Jadi don’t worry, be happy. *wink

Warga desa di daerah Sikasur ini pun dikenal sangat ramah lho, baik kepada wisatawan lokal maupun asing.

Gimana? Tertarik menuju negri dongeng impian? Udah nggak usah kebanyakan mikir lagi, kuy langsung jadwalkan Padang Rumput Sikasur di holiday-list kalian.

Lokasinya ada di desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lebih tepatnya ada diantara Gunung Hyan atau lebih familiar lagi dengan sebutan Argopuro dan Puncak Rengganis.

Kalau masih bingung kalian bisa langsung search aja di Google Map. Dijamin mbak-mbak Google Map akan menuntun kalian ke negri dongeng impian dengan selamat tanpa nyasar.


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here