Bagikan

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain penuh berkah dan ampunan, bulan Ramadhan juga diisi dengan berbagai macam ibadah yang dapat meningkatkan keimanan, termasuk berpuasa. Puasa dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan efek samping yang positif untuk tubuh.

Selain ampuh mengeluarkan racun dalam tubuh, puasa juga berperan dalam meningkatkan kemampuan otak, menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan meningkatkan sistem kekebalan. Tapi, coba dicek kembali apakah pola makan kita saat puasa sudah benar? Makan tipe ‘balas dendam’ saat berbuka puasa dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis berakibat kurang baik untuk kesehatan, lho. Yuk simak beberapa tips-tips berikut agar puasa kita sehat dan seimbang.

Minum air putih
Berpuasa bukan alasan untuk tidak minum air dengan jumlah yang cukup. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari yang dapat dibagi setelah berbuka puasa dan saat sahur. Selain menghilangkan dehidrasi selama puasa, air juga dapat menjaga kelembaban tubuh sepanjang hari.

Konsumsi karbohidrat kompleks yang kaya serat
Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah biji-bijian (kacang merah, beras merah, gandum, dan beras merah). Serat makanan yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan kadar glukosa darah yang baik dan menjaga kestabilannya. Lengkapi juga dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang baik untuk pencernaan.

Hindari makanan manis atau gula buatan
Kolak atau es campur terlihat menggiurkan untuk menu berbuka. Tetapi makanan atau minuman yang terlalu manis justru akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Sedangkan makanan yang bersantan mengandung kolesterol tinggi. Ada baiknya menu tersebut diganti dengan buah-buahan yang memiliki manis alami seperti kurma atau jus buah.

Tetap Aktif
Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, atau berolah ragalah bila perlu. Olah raga yang disarankan adalah di saat sebelum berbuka puasa selama 30 menit. Namun demikian, usahakan untuk menjaga tubuh dari paparan sinar matahari langsung agar tidak dehidrasi.


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here