Bagikan

MakNews – Maraknya kabar vaksin palsu yang beredar saat ini membuat resah seluruh lapisan masyarakat, terutama kaum ibu yang memiliki bayi atau balita. Beredar di beberapa tempat seperti Jakarta, Bogor, Banten, dan Jawa Barat, vaksin yang dipalsukan antara lain vaksin hepatitis, campak, dan tuberkulosis. Beberapa pelaku yang terlibat dan sudah diamankan masih belum dapat mengatasi rasa cemas ibu-ibu akan kemungkinan beredarnya vaksin palsu ini di sekitar Jawa Timur.

Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, dr. Harsono mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas vaksin yang diberikan oleh pemerintah. “Alhamdulillah, untuk program vaksinasi dari pemerintah, kami jamin tidak ada vaksin palsu. Mulai dari posyandu, puskesmas dan rumah sakit pemerintah, semua vaksin asli.” Ujar Harsono dikutip dari suarasurabaya.net.

Keaslian seluruh jenis vaksin baik itu vaksin polio, campak, BCG dan lainnya terjamin karena program pemerintah menggandeng pabrikan dalam negeri yaitu Biofarma. Selain itu pemerintah juga memiliki program uji mutu vaksin yang dilakukan rutin. Pihaknya juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang mengontrol masuknya vaksin impor.

Lebih lanjut, Harsono mengimbau agar masyarakat melakukan vaksinasi di Posyandu, Puskesmas, dan Rumah Sakit milik Pemerintah karena terjamin kualitasnya. Tetap waspada terhadap kesehatan anak-anak kita dan jangan lupa untuk memilih vaksin dengan cerdas. Tapi tetap tenang, ojok podho panik dan dungakno ae pelakune mlebu penjara ben kapok karena sudah mengambil banyak keuntungan dengan membahayakan bayi dan balita.


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here