Bagikan

Siapa sih yang nggak pengen berlibur ke Raja Ampat? Keindahannya yang melegenda sudah pasti menjadi destinasi impian setiap orang. Tapi apa daya kalau budget ke sana sedikit. Hmmm ya begitulah IYKWIM (baca: If You Know What I Mean).

But wait a minute!

Sembari menunggu tabungan (dan pasangan) siap untuk diajak ke Raja Ampat, kalian wajib mampir ke KW grade ori-nya Raja Ampat nih. Namanya Waduk Bajulmati.

Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah waduk. Iyap waduk. Waduk air, bendungan yang dibuat untuk menampung air. Tapi jangan berekspektasi terlalu rendah dulu. Waduk memang pada umumnya dibuat untuk mengairi lahan yang berhektar-hektar luasnya.

Tetapi waduk yang satu ini sudah sangat kekinian, dia tau bagaimana perkembangan jaman yang semakin kesini. That’s why Waduk Bajulmati mendedikasikan dirinya sebagai tempat wisata juga.

Waduknya pinter cari duit ya :3

Lokasi Waduk Bajulmati ini ternyata masih tetanggaan loh sama Taman Nasional Baluran. Jadi mungkin banyak dari kalian yang bingung sebenarnya Waduk Bajulmati ini terletak di Situbondo atau Banyuwangi.

Yuk mari kita luruskan. Jadi, sama halnya seperti Taman Nasional Baluran, sebenarnya Waduk Bajulmati ini terletak di perbatasan Situbondo-Banyuwangi dan pintu masuk dari Waduk Bajulmati ini terletak di daerah Situbondo.

Siapa yang menyangka Waduk Bajulmati yang bertempat di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, ini mempunyai sebuah surga tersembunyi ala Wayag Raja Ampat. Gundukan pulau-pulau kecil yang dikelilingi air sangat mirip dengan Pulau Wayag di Raja Ampat.

Udah nggak usah dibayangin kuy lah langsung cus sini. Spot yang satu ini bener-bener kece kok buat mejeng di beranda Instagram kalian.

Selain itu, waduk ini juga biasa dimanfaatkan oleh komunitas-komunitas motor trail untuk melakukan adventure. Yap! Ternyata area sekitar waduk Bajulmati yang berbukit-bukit ini bisa digunakan untuk trail adventure juga.

Wah, sambil menyelam minum kopi nih.

Tidak hanya surga bagi pecinta motor trail, ternyata Waduk Bajulmati juga menjadi surganya para mancing-ers. Para penghobi memancing bisa memancing ikan air tawar yang menghuni waduk ini di sisi selatan.

Tapi ingat jangan memancing disembarang tempat seperti disekitar bangunan waduk atau pintu air. Nanti kalau kalian kejebur gimana dong? Kalian bisa memancing memutar mengelilingi waduk ya, karena tempatnya rindang dan sangat cocok untuk mancing berjam-jam.

Sejauh ini wahana-wahana seperti ATV, speed boat, dan perlengkapan outbound tersedia untuk melengkapi wisata pengunjung. Fasilitas dan wahana yang lainnya secara bertahap akan terus dilengkapi untuk memuaskan para pengunjung yang datang. Nantinya juga akan dibangun sebuah penginapan untuk pengunjung lho!

Kalian bisa mengajak komunitas-komunitas fotografer, motor trail, memancing dan komunitas lainnya untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di sini. Jangan lupa juga bawa pasangan. Kalau sudah diajak ke Bajulmati, boleh juga lanjut diajak ke pelaminan. *eh


Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here